Magister Psikologi Profesi (S-2)

Magister Psikologi Profesi (S-2)

VISI

Menjadi program pendidikan magister profesi yang unggul, kompetitif, profesional dan menghayati, mempraktekkan nilai pluralisme yang didasarkan pada kode etik profesi psikologi yang memberi kontribusi bagi kesejahteraan bangsa dan negara.

 

MISI

  • Menyelenggarakan program pendidikan magister psikologi profesi seuai dengan kaidah, peraturan penyelenggaraan pendidikan yang ditetapkan pemerintah, bersifat transparan dan rasional.
  • Menyelenggarakan manajemen pendidikan yang mampu mengoptimalkan proses pembelajaran yang berbasis teknologi informasi yang didasarkan pada kajian model-model pembelajaran dengan dasar pembelajaran yang berbasis kompetensi sehingga menghasilkan lulusan yang bermitu, professional dan kompetitif.
  • Menyelanggarakan penelitian dasar, terapan dan pengembangan dalam bidang psikologi yang pelaksanaannya mengacu pada penelitian payung,
  • Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis komunitas masyarakat binaan.
  • Mengembangkan pusat pelatihan, sumber kajian dan pembelajaran bagi komunitas masyarakat dalam dinamika kehidupan masyarakat majemuk dan plural yang berbasis psikologi.


  • Kompetisi Kelulusan

  • 1.    Program Magister psikologi profesi  dapat menghasilkan psikolog profesional yang
          mampu dengan gelar Magister Psikologi (M.Psi).

  • 2.    Mampu menguasai psikodiagnostika dan psikoterapi.

  • 3.    Mampu melakukan pemeriksaan psikologi, konseling dan terapi.

  • 4.   Mampu melakukan penelitian terapan sebagai seorang psikolog sesuai dengan kode
          etik profesi psikologi.


  • Psikologi Profesi Bidang Kekhususan Psikologi Industri dan
  • Organisasi (PIO = Industrial and Organizational Psychologist): 

  • 1.  Memiliki kemampuan sebagai Assessor dalam bidang PIO, baik untuk jabatan,
         persyaratan pekerjaan, karakteristik individu melalui tes psikologi, wawancara
         dan 
    work sample dan cara lain untuk seleksi individu sesuai dengan persyaratan
         pekerjaan.

    2.   Memiliki kemampuan sebagai Trainer dalam bidang PIO sehingga mampu
         merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi serta mengembangkan 
         berbagai 
    jenis pelatihan atau menjadi pelatih (trainer) dengan melakukan
         analisis 
    kebutuhan pelatihan, merancang program pelatihan, melakukan
         transfer of 
    training serta mengevaluasi program pelatihan.

    3.  Memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar sebagai Konsultan dalam bidang PIO
          melalui HRD, stake holder, legal system, serikat pekerja, organizational supplier dan
          consumer/client groups.


    Psikologi Profesi Bidang Kekhususan Psikologi Klinik ( PK ):

    1.      Memiliki kemampuan sebagai  Assessor dalam bidang Klinis dengan menguasai
            keterampilan dalam menggunakan instrumen psikodiagnostik klinis serta teknik
            observasi 
    dan interview serta menganalisis kasus-kasus klinis untuk memahami
            perilaku 
    pasien/klien secara tepat dan akurat, baik untuk klien/pasien dewasa,
            remaja maupun 
    anak.

    2.      Memiliki kemampuan sebagai Konselor dan Terapis dalam bidang Psikologi Klinis,
           sehingga mampu melakukan intervensi klinis melalui konseling. Psikoterapi dan terapi
           psikologis lainnya, baik untuk klien/pasien dewasa, remaja dan anak.

    3.     Memiliki kemampuan sebagai Trainer dalam bidang Psikologi Klinis, sehingga mampu
           merancang, melaksanakan, mengevaluasi serta mengembangkan berbagai pelatihan.

    4.      Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam
           pengembangan pelayanan psikologi klinis. 
    Mampu menulis karya-karya ilmiah dan
           hasil hasil penelitian dalam bidang psikologi klinis.


    Psikologi Profesi Bidang Kekhususan Psikologi Pendidikan ( PP ): 

    1.    Memiliki kemampuan sebagai  Assessor dalam bidang Pendidikan dengan menguasai
          keterampilan dalam menggunakan instrument psikodiagnostik pendidikan serta teknik
          observasi dan interview maupun menganalisis kasus-kasus pendidikan untuk
          memahami 
    perilaku anak didik/klien secara tepat dan akurat sehingga dapat
          membantu mengatasi 
    permasalahan pendidikan maupun menempatkan anak didik
          sesuai dengan bakat, minat 
    dan kemampuannya dalam program atau jurusan   
          pendidikan  tertentu.

    2.    Memiliki kemampuan sebagai Konselor dalam bidang Psikologi Pendidikan, sehingga
          mampu merancang dan melaksanakan konseling dan melaksanakan tindak lanjutnya
          baik 
    untuk anak-anak sekolah umum maupun sekolah luar biasa.

    3.    Memiliki kemampuan sebagai Trainer dalam bidang Psikologi Pendidikan, sehingga
          mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi serta mengembangkan berbagai
          pelatihan dalam bidang psikologi pendidikan.

    4.    Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang bersifat lapangan dalam
          pengembangan pelayanan psikologi pendidikan.

    5.   Mampu menulis dan mempublikasikan karya-karya ilmiah dan hasil-hasil penelitian
          dalam bidang psikologi pendidi-kan termasuk psikologi perkembangan (anak dan     
          remaja)


    Peluang Kerja Lulusan:

    Lulusan Pendidikan Magister Psikologi Profesi dapat bekerja sebagai : psikolog, konsultan, peneliti, pendidik, manajer (planer, designer, organizer, evaluator, mediator), dan pelaku usaha mandiri (biro jasa psikologi).






Share:

Tags: karya,ilmiah,yai,upi