Ilmu Komunikasi (S-1)

Ilmu Komunikasi (S-1)

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI


Visi Fakultas Ilmu Komunikasi UPI Y.A.I

Terwujudnya Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai pusat studi unggulan yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional.

Misi Fakultas Ilmu Komunikasi UPI Y.A.I

1.    Terwujudnya kurikulum yang memenuhi kompetensi bagi para mahasiswa dan lulusan
       Program Studi Ilmu Komunikasi.
2.    Tersedianya sarana dan prasarana untuk proses pembelajaran terutama kelengkapan
       peralatan laboratorium, sesuai dengan konsentrasi dan meningkatnya jumlah buku di
       perpustakaan.
3.    Meningkatnya mutu lulusan untuk mengikuti studi pada program magister dan program
      doctor dan meningkatnya ketrampilan dan kompetensi ilmu pengetahuan melalui kegiatan
       seperti magang dan semiloka.
4.    Terwujudnya sistem penerimaan mahasiswa baru yang memenuhi standar.
5.    Terjalinnya kerjasama dengan terkait alih teknologi, seperti meningkatnya mutu lulusan
       melalui magang/praktek kerja lapangan.
6.    Terwujudnya lulusan yang terampil dan menguasai ilmu komunikasi.


Tujuan Fakultas Ilmu Komunikasi UPI Y.A.I 

1.    Terwujudnya lulusan mampu menguasai teori, keterampilan bidang ilmu komunikasi dan
       desain komunikasi visual yang berwawasan global, kreatif, inovatif, berjiwa enterpreneur
       dan berahlak mulia.

2.    Terwujudnya mutu penelitian bidang ilmu komunikasi dan desain komunikasi visual sesuai
       dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.    Terlaksananya bantuan teknis dan konsultatif di bidang komunikasi dan desain
       komunikasi visual kepada dunia usaha.

4.    Meningkatnya kerjasama pada berbagai bidang Tridharma Perguruan Tinggi.


Program Studi Ilmu Komunikasi (S-1)

Program studi ini memiliki konsentrasi peminatan Broadcasting, Periklanan dan Public Relation.


BROADCASTING

1.  Konsentrasi Broadcasting:

Perkembangan teknologi Komunikasi dan dinamika paradigmatis dunia broadcasting menuntut insan broadcasting yang kritis dan kreatif. Fikom UPI YAI mengkonstruksi perangkat pembelajaran yang mengarah pada penciptaan  kompetensi Broadcasting dari aspek akademik dan praktis.


2.  Kompetensi Lulusan Konsentrasi Broadcasting (Televisi, Radio, Film dan New Media):

    1.    Menguasai dan memiliki kemampuan management pengelolaan media broadcasting
          dan new Media.

    2.    Menguasai  dan memiliki Kemampuan teknik kamera, penyutradaraan, teknik studio dan
          jurnalistik siaran

    3.   Menguasai dan Memilik Kemampuan  dalam proses Gathering, writing, editing produk
         
siaran

    4.   Menguasai dan memiliki Kemampuan menyusun strategi Media Dissemination 


3.  Peluang Kerja Lulusan:

     1.   Pengelola Televisi, Radio dan berbagai media penyiaran baru, melalui jaringan kabel
          maupun satelit.

     2.   Bekerja di bidang penyiaran, Kameramen, strutradara, Redaktur, Reporter maupun
          editor siaran.

     3.   Lembaga-lembaga penyiaran Komersial, public,dan  komunitas

     4.   Lembaga- lembaga  Production house

     5.   Berbagai Instansi Pemerintahan


PERIKLANAN

1.   Konsentrasi Periklanan:

Periklanan salah satu media komunikasi marketing yang paling dinamis dan berkembang saat ini. Perspektif kritis adalah jawaban untuk mengikuti dinamika tersebut. Sinergi penguasaan ilmu komunikasi dan marketing komunikasi merupakan paduan yang akan menghantar lulusan konsentrasi ini menguasai kompetensi yang kompetitif.


2.  Kompetensi Lulusan Konsentrasi Periklanan:

     1.    Memilik Kemampuan mengkonstruksi content periklanan yang kreatif

     2.    Memilik Kemampuan merencanakan strategi Brand activity dan Brand management

     3.    Memilik Kemampuan melakukan riset pemasaran

     4.    Memilik Kemampuan mendesign dan memproduksi iklan public dan komersial.


3.  Peluang Kerja Lulusan:

     1.    Lembaga Periklanan nasional maupun internasional.

     2.    Lembaga-lembaga Penyiaran

     3.    Bidang Kreatif Markom di lembaga-lembaga Bisnis

     4.    Berbagai instansi BUMN,BUMD maupun perusahaan invetasi Asing.

 


PUBLIC RELATION ( PR )

1.  Konsentrasi Public Relation:

Public Relation adalah profesi yang tidak bisa dinisbikan dalam kehidupan manusia di dunia ini. Demokratisasi telah memberi ruang interaksional terbuka untuk public memasukinya, maka PR merupakan regulator untuk membangun keseimbangan relasinya. Institusi Negara maupun korporasi tidak dapat mengabaikan fungsi Public Relation dalam membangun harmonisasi relasi. Dengan Perspektif yang komprehensif proses pembelajaran pada konsentrasi Public Relation FIKOM UPI YAI ini  dirancang untuk memiliki kompetensi yang mampu menjawab tantangan ke depan.


2.  Kompetensi Lulusan Konsentrasi Public Relation:

     1.    Memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsi dan tanggung jawab sebagai
           komunikator/ mediator & fasilitator organisasi yang efektif

    2.      Memiliki kemampuan dibidang Corporate Public Relations /Government Public Relation

    3.      Memiliki kemampuan managerial dan leadership dalam mengelola Team,   Situasi
           Krisis, Human relations dengan stage holder,

    4.     Mampu mengelola Agenda Isu dan Program/event komunikasi organisasi

    5.     Memiliki Kemampuan persuasi, loby dan negosiasi serta diplomasi.


3. Peluang Kerja Lulusan:

    1.    Menjadi PR dalam divisi Corporate Public Relation di insitusi Bisnis

    2.    Menjadi Government Public Relation di Institusi Pemerintah

    3.    Menjadi konsultan public relations & marketing public relations

    4.    Menjadi Team strategi Marketing Komunikasi




Share:

Tags: karya,ilmiah,yai,upi